Dalam proses pelayanan sekolah perlu adanya sebuah kontrol dari seorang kepala sekolah. Salah satunya cara untuk tetap menjamin mutu sekolah agar bisa dicapai maka harus dilaksanakan Supervisi, baik itu supervisi managerial maupun supervisi pembelajaran. Supervisi Pendidikan pada umumnya memiliki sebuah tujuan usaha untuk memperbaiki sebuah kondisi belajar menggajar untuk lebih baik.Menurut kimbal Willer berpendapat supervision is an assistance in the development of better teaching learning situation. Dimana supervisi merupakan suatu usaha bentuan dalam penggembangan peningkatan situasi belajar dan menggajar agar lebih baik.
Menjadi Supervisor handal perlu memiliki sebuah ketrampilan yang baik agar proses dan tujuan supervisi yang diinginkan bisa tercapai. Berikut ini prinsip – prinsip yang harus diterapkan dalam supervisi agar menjadi supervisor Handal:
1.Scientific
Supervisi yang dilaksanakan harus ilmiah dimana proses supervisi harus sistematis, objektif dan menggunakan alat instrumen dalam proses kegiatan supervisi.
2.Demokratis
Supervisi yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah perlu memperhatikan konsep kekeluargaan dan musyawarah dalam pelaksanaannya.
3.Kooperatif
Supervisi akan berhasil jika ada kerjasama yang baik antara supervisor dan yang disupervisi. Jika kerjasama berjalan dengan baik maka Kepala Sekolah akan mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, dalam proses ini perlu menjunjung nilai – nilai kekeluargaan.
4.Konstruktif dan Kreatif
Supervisi yang dilaksanakan harus bersifat membangun untuk perbaikan kinerja guru. Perlunya inisiatif dan kreatif dalam menciptakan metode supervisi agar membuat aman dan nyaman suasana.
Comments
Post a Comment